Archive

Archive for the ‘Masyarakat Pintar’ Category

Belajar Bareng Ibu Persit

November 24th, 2017 No comments

 

 

Categories: Masyarakat Pintar Tags:

Kisah Seorang Pendoa

March 21st, 2014 No comments

Ketika kumohon pada Allah kekuatan,
Allah memberiku kesulitan agar aku menjadi kuat.. Read more…

Categories: Masyarakat Pintar Tags: ,

Saatnya Petani (juga) Melek Internet

November 13th, 2013 No comments

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memberikan kontribusi nyata dalam proses perkembangan sistem informasi pertanian, terutama sebagai media komunikasi informasi (Sumardjo, dkk, 2011). Informasi merupakan salah satu faktor yang penting dalam proses produksi usaha tani. Teknologi informasi dapat meningkatkan aksesibilitas petani terhadap informasi pasar, input produksi, dan tren konsumen. Hal ini menjadikan penguasaan teknologi informasi menjadi hal penting yang harus dikuasai oleh masyarakat, terutama petani untuk bisa maju dan berkembang.

Keterbatasan informasi dan teknologi yang dimiliki oleh petani menjadikan petani cenderung menjual hasil panen dalam bentuk bahan mentah. Padahal hasil panen produk pertanian dapat diolah menjadi berbagai jenis produk olahan yang memiliki nilai jual tinggi. Ketrampilan mengakses informasi dan teknologi menjadi hal yang penting untuk dikuasai oleh petani untuk memperluas jaring pemasaran dari produknya. Pelatihan penguasaan kemampuan teknologi informasi diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengetahuan bagi petani untuk maju dan mengembangkan usaha pengolahan produk berbahan baku komoditas lokal sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

Berdasarkan uraian yang telah diungkapkan di atas, maka pada tanggal 26 Oktober 2013 yang lalu, Laboratorium Komputasi dan Analisis Sistem Jurusan Teknologi Industri Pertanian Universitas Brawijaya mengadakan Pelatihan Penggunaan Internet Sebagai Sarana Akses Informasi Pasar Dan Sumberdaya Bisnis Bagi Masyarakat sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Pada pelatihan ini, para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani  Dewi Ratih dan pemuda Karang Taruna Desa Sukoanyar Kecamatan Pakis, dilatih cara membuat dan mengelola email, blog, dan aplikasi sosial media populer seperti facebook dan twitter yang dapat digunakan sebagai media pemasaran produknya.

 

Referensi:

Sumardjo, Djuara P.L., Eko S.M., Retno S,H.M., 2011. Manfaat Sistem Informasi Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Kebedayaan Petani Sayur, Informatika Pertanian, 20(1): 1 – 13