Archive

Author Archive

Belajar Bareng Ibu Persit

November 24th, 2017 No comments

 

 

Categories: Masyarakat Pintar Tags:

Kisah Seorang Pendoa

March 21st, 2014 No comments

Ketika kumohon pada Allah kekuatan,
Allah memberiku kesulitan agar aku menjadi kuat.. Read more…

Categories: Masyarakat Pintar Tags: ,

Saatnya Petani (juga) Melek Internet

November 13th, 2013 No comments

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memberikan kontribusi nyata dalam proses perkembangan sistem informasi pertanian, terutama sebagai media komunikasi informasi (Sumardjo, dkk, 2011). Informasi merupakan salah satu faktor yang penting dalam proses produksi usaha tani. Teknologi informasi dapat meningkatkan aksesibilitas petani terhadap informasi pasar, input produksi, dan tren konsumen. Hal ini menjadikan penguasaan teknologi informasi menjadi hal penting yang harus dikuasai oleh masyarakat, terutama petani untuk bisa maju dan berkembang.

Keterbatasan informasi dan teknologi yang dimiliki oleh petani menjadikan petani cenderung menjual hasil panen dalam bentuk bahan mentah. Padahal hasil panen produk pertanian dapat diolah menjadi berbagai jenis produk olahan yang memiliki nilai jual tinggi. Ketrampilan mengakses informasi dan teknologi menjadi hal yang penting untuk dikuasai oleh petani untuk memperluas jaring pemasaran dari produknya. Pelatihan penguasaan kemampuan teknologi informasi diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengetahuan bagi petani untuk maju dan mengembangkan usaha pengolahan produk berbahan baku komoditas lokal sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

Berdasarkan uraian yang telah diungkapkan di atas, maka pada tanggal 26 Oktober 2013 yang lalu, Laboratorium Komputasi dan Analisis Sistem Jurusan Teknologi Industri Pertanian Universitas Brawijaya mengadakan Pelatihan Penggunaan Internet Sebagai Sarana Akses Informasi Pasar Dan Sumberdaya Bisnis Bagi Masyarakat sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Pada pelatihan ini, para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani  Dewi Ratih dan pemuda Karang Taruna Desa Sukoanyar Kecamatan Pakis, dilatih cara membuat dan mengelola email, blog, dan aplikasi sosial media populer seperti facebook dan twitter yang dapat digunakan sebagai media pemasaran produknya.

 

Referensi:

Sumardjo, Djuara P.L., Eko S.M., Retno S,H.M., 2011. Manfaat Sistem Informasi Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Kebedayaan Petani Sayur, Informatika Pertanian, 20(1): 1 – 13

Sedap Mantap Jenang Grendul (Bubur Candil)

jenang grendul

 

Ni hao!

Ni shenti hao ma?

Di sore hari yang mendung seperti ini, paling nikmat jikalau ditemani semangkuk jenang grendul yang manis dan hangat.

Heemmm… yummy….

Jenang grendul atau bubur candil adalah makanan yang memiliki rasa manis khas gula merah dan ada bulatan-bulatan didalamnya. Bulatan-bulatan yang berbuat dari tepung ketan inilah yang disebut grendul.  

Bagi pecinta kuliner dan hobi memasak, berikut resep jenang grendul yang bisa dipraktekkan di rumah.

Bahan Jenang Grendul:

Tepung ketan 250 gram
Garam secukupnya
Air kapur sirih 2 sendok teh
Air hangat 225 ml
Air 400 ml
Gula merah 150 gram, sisir
Daun pandan 2 lembar

Kuah Jenang Grendul:
Santan kentan 125 ml
Garam secukupnya
Daun pandan 1 lembar

Cara membuat Jenang Grendul:

  • Campur 200 gram tepung ketan dengan garam dan air kapur sirih. Tuangkan air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan dapat dipulung.
  • Bentuk adonan bulat-bulat sebesar kelereng, sisihkan.
  • Adonan Candil : Masak air, gula merah, dan daun pandan hingga mendidih, masukkan bulatan tepung ketan ke dalamnya. Biarkan hingga adonan matang dan terapung.
  • Campur sisa tepung ketan dengan sedikit air, tuang ke dalam adonan candil. Masak di atas api sedang hingga mengental sambil terus diaduk. Didihkan sebentar, angkat.
  • Kuah : Campur semua bahan, rebus hingga mendidih sambil diaduk. Angkat.
  • Siapakan mangkuk saji, tuangkan bubur candil secukupnya. Tuangkan santan di atasnya. Sajikan.

Tips :
Sebaiknya saring dahulu rebusan gula merah, air dan daun pandan sebelum bulatan tepung ketan dimasukkan agar kotoran gula merah tidak terbawa.

 

Selamat menikamati kuliner nusantara….

 

 

 

 

Referensi:

http://resepmasakanindonesia.info/resep-jenang-grendul/

Sumber Gambar:

http://inforesep.com/resep-bubur-candil.html

 

Read more…

Categories: Sukasuka Tags: ,

Rahasia Motor Hemat BBM

April 6th, 2013 No comments

empty-fuel

Hello ladies bikers!

Saat ini jumlah perempuan pengendara motor tidak kalah dengan pengendara laki-laki. Perempuan semakin mandiri melakukan aktivitas dengan tingkat mobilitas tinggi. Jika dulu kemana-mana minta dianterin, maka sekarang sudah bisa melakukannya sendiri.. Dukungan dari produsen sepeda motor dengan menawarkan beragam model dan fasilitas juga menambah antusiasme perempuan untuk bisa mengendarai motor sendiri.. Nah, sebagai perempuan mandiri, kita juga seyogyanya tahu apa saja hal-hal yang bisa membuat motor kesayangan kita ini hemat BBM. Jadi tidak hanya bisa menggunakan tapi juga bisa merawat.. Anggapan bahwa perempuan tidak perlu tahu dan masa bodoh hal-hal teknis perawatan motor itu salah besar dan sudah tidak jaman lagi… perempuan mandiri harus membekali diri dengan pengetahuan, wawasan dan kemampuan agar tidak dipandang sebelah mata…

Berikut beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjaga performa motor kesayangan kita ladies..

  • Cek Tekanan Ban

Memeriksa tekanan ban memang sederhana dan sepele, tetapi sangat besar manfaatnya dalam pengehematan konsumsi BBM. Tahukah kamu? Ternyata kurangnya tekanan angina pada ban dapat menyebabkan konsumsi BBM berlebih. Bisa boros BBM hingga 10-15%. Waaah…banyak bukan?? Jadi pastikan kondisi tekanan ban motor kesayangan kita selalu pas sebelum mengendarainya ladies…

  • Cek Kondisi Ban

Ladies, pernahkah kamu merasakan motormu terasa sangat berat dan lajunya lambat?? Bisa jadi itu karena ada masalah dengan roda motor kita..  Putaran roda motor yang tidak lurus atau tidak lancer membuat putaran ban menjadi berat sehingga laju motor menjadi lambat.. penyebabnya bisa karena kurang pelumasan atau pelek tidak center.. Logikanya, jika laju motor kita lambat berarti BBM yang dibutuhkan juga akan semakin meningkat.. Nah ladies, yang bias kita lakukan adalah aware pada kondisi ban motor kita, kalau kita merasa lajunya lambat, sampaikan permasalahan tersebut pada saat servise motor berkala.. Jangan masa bodoh ya ladies….

  • Busi

 

  • Ringankan Beban Motor
  • Gunakan BBM Sesuai Jenis Motor

 

Referensi:

Majalah Switch Honda Edisi 12 Bulan September – Oktober 2011

Sumber gambar: http://sharingdisini.com

Categories: Otomotif Tags: ,

Hello world! Huanying ni!

March 7th, 2013 No comments

 

Selamat Datang di Official Blog saya. Ini adalah posting pertamaku.

Terkadang memang harus sedikit dipaksa untuk mau bergerak maju. Menulis bukanlah pekerjaan yang mudah bagi sebagian orang, termasuk saya. Menulis dengan baik tentu tidak terjadi dengan seketika, simsalabim, tetapi melalui proses belajar yang terus-menerus… Seperti halnya membaca, menurut saya, menulis adalah pintu ilmu yang lain… Menulis adalah cara untuk kita tetap mengingat…

Blog ini adalah media belajar dan berbagi… Semoga bermanfaat…

Terima kasih. Xiexie.

 

 

Sumber Gambar: http://ibndhaherclass.wordpress.com

Categories: Sukasuka Tags: